Jumlah Hewan Kurban Meningkat, LDII Jabar Tekankan Kurban Ramah Lingkungan

LDIIJabar.or.id, Bandung- Warga LDII Jawa Barat serentak merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu (10/07/2022).  Meski dilaksanakan saat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) tengah melanda Indonesia, namun tidak mengurangi antusias warga LDII Jawa Barat untuk melaksanakan ibadah kurban.

Ketua DPW LDII Jawa Barat, H. Dicky Harun mengungkapkan, jumlah hewan kurban yang disembelih oleh warga LDII pada tahun ini mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan  antusias warga LDII dalam melaksanakan ibadah kurban juga meningkat.

“Pada tahun 2022 ini, kami DPW LDII Jawa Barat ada kenaikan dalam hewan kurban, sebanyak 18 persen,” ujar Dicky Harun.

Ibadah berkurban memiliki nilai ibadah yang tinggi,  baik bagi individu maupun kemasyarakatan. Terlebih, ibadah kurban merupakan ibadah yang paling dicintai oleh Allah. Hal ini yang menjadikan semangat berkurban warga LDII tak pernah padam.

“Tahun ini sapinya 2592, kambingnya 1942, dan kerbaunya 2. Jumlah hewan kurban untuk warga LDII Jawa Barat adalah 4536 hewan kurban, ” tambahnya.

Ketua DPW LDII Jawa Barat, H. Dicky Harun saat menyembelih hewan kurban.

Menurutnya, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha memiliki dimensi spiritual dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, juga  dimensi sosial yang ditunjukkan dengan distribusi daging kurban kepada masyarakat.

Ia menghimbau kepada warga LDII untuk menerapkan pengelolaan kurban yang ramah lingkungan. Menurutnya, limbah dari penyembelihan hewan kurban bila tidak dikelola dengan baik, akan memberi dampak negatif kepada lingkungan hidup manusia.

Kami menghimbau kepada seluruh warga LDII Jawa Barat untuk melaksanakan kurban secara baik, sesuai sunnah dan jangan lupa harus peduli lingkungan. Baik cara membersihkan dan menyebarkannya menggunakan alat-alat yang ramah lingkungan, ” tutupnya.

(Fitri/Lines TV)