Walikota Harapkan LDII Cimahi Cetak Atlit Dunia

LDIIJabar or id, Cimahi- Dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, DPD LDII Kota Cimahi mengadakan Olimpiade Generasi Penerus (Olimpus) Kota Cimahi Tahun 2022. Kegiatan yang berlangsung pada 28 Agustus – 31 Oktober 2022 ini diikuti sekitar 500 peserta dari pemuda-pemudi Kota Cimahi yang mengikuti enam cabang olahraga yakni futsal, bulu tangkis, basket, tenis meja, voli dan atletik.

“LDII berkewajiban untuk mendidik generasi muda agar mempunyai budi pekerti yang baik dan keahlian, sehingga mereka siap pakai ketika terjun ke masyarakat, ” ujar Ketua DPD LDII Kota Cimahi, Dwi Hartono, Sabtu (5/11/2022).

Olimpus, imbuh Dwi, merupakan strategi LDII untuk mencetak pemuda yang mempunyai kemampuan khususnya di bidang olahraga. Olimpus memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh peserta untuk berkompetisi di bidang olahraga. “Mereka diarahkan, dikembangkan, dan dilatih sehingga bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan,” urainya.

Dwi menambahkan, kegiatan olahraga ini digalakkan sebagai amar maruf bil hal yang membutuhkan kerukunan, kekompakan, dan kerjasama yang baik. Karakter ini diharapkan bisa membentuk karakter generus LDII profesional religius.

“LDII berkewajiban membentuk generus profesional religius untuk menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045. Saat ini Indonesia mendapatkan bonus demografi, sehingga kami fokus untuk mendidik dan membina generus LDII sehingga mereka siap dan bisa beradaptasi pada masa mendatang,” urainya.

Selain bidang olahraga, Dwi menjelaskan, LDII menyiapkan generus melalui bidang pendidikan. Saat ini LDII banyak membina boarding school setingkat SD, SMP, dan SMA. Bahkan ada juga beberapa perguruan tinggi yang menjadi binaan LDII.

“Boarding school ini biasanya terintegrasi dengan pondok pesantren, sehingga murid-murid bisa sekalian nyantri di ponpes. Sehingga target agar mereka bisa alim faqih, berakhlakul karimah, dan mempunyai kemandirian,” imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Cimahi, Ngatiyana mengapresiasi kegiatan Olimpus Cimahi yang dilaksanakan LDII. Kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan atlit-atlit Kota Cimahi dari LDII untuk tingkat dunia.

“Kota Cimahi banyak melahirkan atlit-atlit nasional dan internasional. Mudah-mudahan bisa muncul atlit dunia dari LDII Cimahi, harapnya, saat pembukaan Olimpus Cimahi Tahun 2022, Minggu (28/8/2022).

Saat pembukaan Olimpus Cimahi hadir Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat, Brigjen TNI Aminudin, Kabid Pemuda dan Olahraga (Kabidpora) Disbudparpora Erwandi, Danramil Cimahi Selatan dan Tengah Wastra, perwakilan KONI, dan undangan lainnya.

Lebih lanjut Ngatiyana mengharapkan pemerintahan, mulai pemkot, kecamatan, dan kelurahan bisa mempersiapkan untuk membina dan mendidik generasi muda menjadi pemimpin yang mempunyai akhlak mulia, ilmu pengetahuan.

“Generasi muda harus disiapkan dari sekarang sebagai persiapkan untuk masa keemasan. Mereka harus siap ditempa untuk kepentingan bangsa dan negara. Bisa mempunyai tanggung jawab yang tinggi kepada organisasi, lingkungan, dan anak buah. Semua perbuatan harus dipertanggungjawabkan, ini harus disiapkan, sehingga mereka bisa siap pada saat dibutuhkan,” ujarnya.

Ngatiyana menambahkan, salah satu faktor penting dalam pengembangan bidang olahraga yakni melalui pembinaan dan pelatihan yang kontinyu dan komprehensif, salah satunya melalui olimpus. Kegiatan ini merupakan sarana dalam mengembangkan potensi, salah satu indikator untuk mengukur potensi pemuda menjadi pemuda LDII.

“Melalui event ini, diharapkan bisa menjadi lumbung atlit yang berkualitas. Semua bisa diraih dengan ketekunan, kekuatan, semangat tinggi sehingga bisa menjadi yang terbaik. Selamat bertanding, selamat meraih prestasi yang diharapkan,” tutupnya. (*)